RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MATEMATIKA TEKNIK
OPERASI BILANGAN RILL
NAMA: ADRIYAS
NIM/BP: 00522/2008
PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN
JURUSAN TEKNIK SIPIL
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2010
SILABUS
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 1 PADANG
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA TEKNOLOGI.
KELAS/SEMESTER : II KB / 1
STANDAR KOMPETENSI : MEMECAHKAN MASALAH BERKAITAN DENGAN KONSEP
OPERASI BILANGAN RIIL
OPERASI BILANGAN RIIL
ALOKASI WAKTU : 30 menit
NO | KOMPETENSI DASAR | INDICATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TS | PS | PI | |||||||
1 | MENERAPKAN OPERASI BILANGAN | § Dua atau lebih bilangan bulat dioperasikan (dijumlah, dikurang, dikali, dibagi) sesuai dengan prosedur § Dua atau lebih bilangan pecahan, dioperasikan (dijumlah, dikurang, dikali, dibagi) sesuai dengan prosedur § Bilangan pecahan dikonversi ke bentuk persen, atau pecahan desimal, sesuai prosedur § Konsep perbandingan (senilai dan berbalik nilai), skala, dan persen digunakan dalam pe-nyelesaian masalah program keahlian | § Sistem bilangan riil § Operasi pada bilangan bulat § Operasi pada bilangan pecahan § Konversi bilangan § Perbandingan (senilai dan berbalik nilai), skala, dan persen § Penerapan bilangan riil dalam menyelesaikan masalah program keahlian | § Membedakan macam-macam bilangan riil § Menghitung operasi dua atau lebih bilangan bulat sesuai dengan prosedur § Menghitung operasi dua atau lebih bilangan pecahan sesuai dengan prosedur § Melakukan konversi pecahan ke bentuk persen, pecahan desimal, atau persen dan sebaliknya § Menjelaskan perbandingan (senilai, dan berbalik nilai), skala dan persen § Menghitung perbandingan (senilai, dan berbalik nilai), skala dan persen § Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan operasi bilangan riil | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Pengamatan § Penugasan | Modul Bilangan Riil Referensi lain yang relevan |
RENCANA PROSES PEMBELAJARAN (RPP )
I. SATUAN PENDIDIKAN : SMK N I PADANG
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA TEKNOLOGI
JUR/PROG KEAHLIAN : BANGUNAN/TEKNIK KONSTRUKSI BANGUNAN
KELAS/SEMESTER : X /1
JUMLAH PERTEMUAN : 1 KALI
WAKTU : 45 Menit
II. STANDAR KOMPETENSI : Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep operasi bilangan riil
III. KOMPETENSI DASAR : MENERAPKAN OPERASI BILANGAN RILL
IV. INDICATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
1. Dua atau lebih bilangan bulat dioperasikan (dijumlah, dikurang, dikali, dibagi) sesuai dengan prosedur
2. Dua atau lebih bilangan pecahan, dioperasikan (dijumlah, dikurang, dikali, dibagi) sesuai dengan prosedur
3. Bilangan pecahan dikonversi ke bentuk persen, atau pecahan desimal, sesuai prosedur
4. Konsep perbandingan (senilai dan berbalik nilai), skala, dan persen digunakan dalam penyelesaian masalah program keahlian
V. TUJUAN PEMBELAJARAN : Penerapan bilangan riil dalam menyelesaikan masalah program keahlian
VI. MATERI PELAJARAN : OPERASI BILANGAN RIIL
VII. ALOKASI WAKTU : 45 menit
VIII. METODE : ceramah, tanya jawab.
IX. KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO | KEGIATAN PEMBELAJARAN | METODE PEMBELAJARAN | ALOKASI WAKTU | MEDIA PEMBELAJARAN |
1 | Pendahuluan a) Salam pembuka. b) Mengelola kelas. c) Membangkitkan motivasi. d) Memusatkan perhatian peserta didik. e) Apersepsi (memberikan gambaran tentang opersai bilangan riil ). | · Ceramah · Tanya jawab | 3 menit | · Modul |
2 | Kegiatan inti pembelajaran a) Menjelaskan tentang materi tentang operasi bilangan riil b) Mejelaskan dan memberikan contoh. c) Memberikan latihan,tugas. | · Ceramah · demonstrasi · Tanya jawab | 22 menit | · Alat |
3 | Penutup a) Menanyakan komentar dan materi yang kurang di pahami. b) Mengevaluasi hasil tugas operasi bilangan riil c) Tindak lanjut | · Menyimpulkan | 5 menit |
X. EVALUASI
Table Penilaian
No | Aspek penilaian | Skor | Bobot | Perolehan skor |
1 | § Siswa mampu membedakan macam-macam bilangan riil § Siswa mampu menghitung operasi dua atau lebih bilangan bulat sesuai dengan prosedur § Siswa mampu menghitung operasi dua atau lebih bilangan pecahan sesuai dengan prosedur § Siswa mampu mengkonversi pecahan ke bentuk persen, pecahan desimal, atau persen dan sebaliknya § Siswa menghitung perbandingan (senilai, dan berbalik nilai), skala dan persen § Siswa mampu menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan operasi bilangan riil | 1 2 2 1 2 2 | 10 10 10 10 10 10 | 10 20 20 10 20 20 |
Perolehan tertinggi ( skor maksimal ) | 100 |
Criteria penilaian :
a. Siswa mampu menjawab dan mengerjakan soal dengan tepat : skor 1
b. Siswa mampu menjawab / mengerjakan secara tidak tepat : skor 0,5
c. Siswa tidak mampu melakukan pekerjaan : skor 0
Perhitungan akhir dengan skala 10
Nilai akhir : ( perolehan skor : skor maksimal )* skor ideal *( 10 ) |
XI. SUMBER BELAJAR
a. Meteri ajar
b. Buku wajib/modul / job sheet
Diketahui/disahkan
KepalaSekolah Guru yang bersangkutan
( …………………………. ) ( ADRIYAS )
NIP. NIM:00522/2008