RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MATEMATIKA TEKNIK
SISTEM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR DAN KUADRAT.
NAMA: ADRIYAS
NIM/BP: 00522/2008
PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN
JURUSAN TEKNIK SIPIL
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2011
SILABUS
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 1 PADANG
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA TEKNOLOGI.
KELAS/SEMESTER : II KB / 1
STANDAR KOMPETENSI : MEMECAHKAN MASALAH BERKAITAN SISTEM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR
DAN KUADRAT
ALOKASI WAKTU : 30 menit
NO | KOMPETENSI DASAR | INDICATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TS | PS | PI | |||||||
1 | MENENTUKAN HIMPUNAN PENYELESAIAN PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR. | · Persamaan linear ditentukan penyelesaiannya. · Pertidaksamaan linear ditentukan penyelesaiannya. | § Persamaan linear § Pertidaksamaan linear § Penerapan persamaan dan pertidaksamaan linear dalam menyelesaikan masalah program keahlian | · Menjelaskan pengertian persamaan linear. · Menyelesaikan persaman linear. · Menjelaskan pengertian pertidaksamaan linear. · Menyelesaikan pertidaksamaan linear. · Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear. | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Pengamatan § Penugasan | | | | Modul Bilangan Riil Referensi lain yang relevan |
RENCANA PROSES PEMBELAJARAN (RPP )
I. SATUAN PENDIDIKAN : SMK N I PADANG
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA TEKNOLOGI
JUR/PROG KEAHLIAN : BANGUNAN/TEKNIK KONSTRUKSI BANGUNAN
KELAS/SEMESTER : X /1
JUMLAH PERTEMUAN : 1 KALI
WAKTU : 45 Menit
II. STANDAR KOMPETENSI : MEMECAHKAN MASALAH BERKAITAN SISTEM PERSAMAAN DAN
PERTIDAKSAMAAN LINEAR DAN KUADRAT.
III. KOMPETENSI DASAR : MENENTUKAN HIMPUNAN PENYELESAIAN PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN
LINEAR.
IV. INDICATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
1. Persamaan linear ditentukan penyelesaiannya.
2. Pertidaksamaan linear ditentukan penyelesaiannya.
V. TUJUAN PEMBELAJARAN : Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan
linear.
VI. MATERI PELAJARAN : PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR
VII. ALOKASI WAKTU : 45 menit
VIII. METODE : ceramah, tanya jawab.
IX. KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO | KEGIATAN PEMBELAJARAN | METODE PEMBELAJARAN | ALOKASI WAKTU | MEDIA PEMBELAJARAN |
1 | Pendahuluan a) Salam pembuka. b) Mengelola kelas. c) Membangkitkan motivasi. d) Memusatkan perhatian peserta didik. e) Apersepsi (memberikan gambaran tentang persamaan dan pertidaksamaan linear ). | · Ceramah · Tanya jawab | 3 menit | · Modul |
2 | Kegiatan inti pembelajaran a) Menjelaskan tentang materi tentang persamaan dan pertidaksamaan linear b) Mejelaskan dan memberikan contoh. c) Memberikan latihan,tugas. | · Ceramah · demonstrasi · Tanya jawab | 22 menit | |
3 | Penutup a) Menanyakan komentar dan materi yang kurang di pahami. c) Tindak lanjut | · Menyimpulkan | 5 menit | |
X. EVALUASI
Table Penilaian
No | Aspek penilaian | Skor | Bobot | Perolehan skor |
1 | · Siswa mampu menjelaskan pengertian persamaan linear. · Siswa mampu menyelesaikan persaman linear. · Siswa mampu menjelaskan pengertian pertidaksamaan linear. · Siswa mampu menyelesaikan pertidaksamaan linear. · Siswa mampu menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear. | 1 2 2 2 3 | 10 10 10 10 10 | 10 20 20 20 30 |
Perolehan tertinggi ( skor maksimal ) | 100 |
Criteria penilaian :
a. Siswa mampu menjawab dan mengerjakan soal dengan tepat : skor 1
b. Siswa mampu menjawab / mengerjakan secara tidak tepat : skor 0,5
c. Siswa tidak mampu melakukan pekerjaan : skor 0
Perhitungan akhir dengan skala 10
Nilai akhir : ( perolehan skor : skor maksimal )* skor ideal *( 10 ) |
XI. SUMBER BELAJAR
a. Meteri ajar
b. Buku wajib/modul / job sheet
Diketahui/disahkan
KepalaSekolah Guru yang bersangkutan
( …………………………. ) ( ADRIYAS )
NIP. NIM:00522/2008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar