Kamis, 23 Juni 2011

gbpp sistem persamaan dan pertidaksamaan linear


I.            GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PEMBELAJARAN
A.    IDENTITAS MATA PELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN                    : SMK N I PADANG
MATA PELAJARAN                           : MATEMATIKA TEKNIK
JUR/PROG KEAHLIAN                     : BANGUNAN/TEKNIK KONSTRUKSI BANGUNAN
KELAS/SEMESTER                            : X / 1
JUMLAH PERTEMUAN                     : 1 KALI
WAKTU                                                : 1x45 Menit

B.     DESKRIPSI MATA PELAJARAN
Matematika adalah induk dari semua hitungan, dimulai dari segala hal yang paling sederhana hingga yang paling rumit. Konsep awal matematika adalah perkalian, pembagian, penambahan, dan pengurangan dan secara matematika clasik disingkat dengan KABATAKU. Dan dalam matematika modern matematika clasik itulah yang dikembangkan hingga saat ini.

C.    KOMPETENSI UTAMA / STANDAR KOMPETENSI
Memecahkan masalah berkaitan sistem persamaan dan pertidaksamaan linear dan kuadrat.

D.    KOMPENTENSI PENDUKUNG ( KP ) / KOMPETENSI DASAR
Menerapkan operasi system persamaan dan pertidaksamaan linear.

E.     PENGALAMAN BELAJAR /INDIKATOR YG HARUS DI CAPAI
1.      Persamaan linear ditentukan penyelesaiannya.
2.      Pertidaksamaan linear ditentukan penyelesaiannya

F.     POKOK  BAHASAN DAN SUB POKOK BAHASAN
Pokok bahasan             : PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR
Sub pokok bahasan     : Konsep persamaan dan pertidaksamaan linear yang digunakan dalam penyelesaian masalah program
keahlian

G.    METODE INSTRUKSIONAL / METODE PEMBELAJARAN
Metode yang digunakan adalah metode pencapaian konsep dimana setiap siswa diharapkan mampu dan memahami bagaiman matematika itu sehingga apa yang menjadi ketakutan selama ini terhadap matematika tidak lagi tertanam jauh dalam fikiran siswa yaitu matematika adalah suatu yang menakutkan melainkan suatu yang sangat menyenangkan. Mustahil apabila seorang calon enginer (Siswa SMK) taku dan tidak mengerti sama sekali terhadap matematika.

H.    MEDIA INSTRUKSIONAL
Papan tulis sebagai media pembelajaran, LCD proyektor.

I.       ESTIMASI WAKTU
Waktu yang dibutuhkan dalam pembelajarn ini sesuai dengan standar waktu astu jam pelajaran di SMK yaitu 45 menit ( 1*45 ).

J.      ASESMEN / EVALUASI
Evaluasi dilakukan dengan cara melakukan latihan dan pembahasan terhadap soal soal yang diberikan sehingga siswa terbiasa dan mampu dengan mudah menerjemahkan apa sebenarnya yang dimaksud didalam soal yang diberikan itu.

K.    SUMBER BELAJAR
Sumber belajar yang digunakan adalah modul yang dibuat oleh guru, buku matematika yang berhubungan dengan setiap pokok bahasan.

II.            PETA KEBUTUHAN MODUL / DRAFT
S.PERS dan PERTIDASAMAAN LINEAR
Persamaan linear
Pertidaksamaan linear
 







III.            UJI COBA / EVALUASI
Contoh – Contoh Soal :
1.      Selesaikan sistem persamaan tiga peubah dibawah ini dengan menggunakan eliminasi Gauss – Jordan dan metode Gauss – Seidel
3x + 2y + z    = a
-x + 4y           = b
2x + 2y + 4z = c
dimana a, b, c adalah tiga angka terakhir NIM anda.
2.      Sehelai kertas panjangnya 1y cm dan lebarnya 9 cm. Sepanjang keempat sisi kertas itu digunting menjadi suatu pita yang lebarnya x cm. Agar luas kertas yang tersisa adalah 54 cm2, maka harga x adalah .........
y adalah angka terakhir NIM anda
IV.            LEMBAR PENILAIAN
Table Penilaian
No
Aspek penilaian
Skor
Bobot
Perolehan skor
1
·      Siswa mampu menjelaskan pengertian persamaan linear.
·      Siswa mampu menyelesaikan persaman linear.
·      Siswa mampu menjelaskan pengertian pertidaksamaan linear.
·      Siswa mampu menyelesaikan pertidaksamaan linear.
·      Siswa mampu menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear.
1
2
2

2
3
10
10
10

10
10

10
20
20

20
30

Perolehan tertinggi ( skor maksimal )
100

Tidak ada komentar:

Posting Komentar