Kamis, 23 Juni 2011

GBPP OPERASI BILANGAN RIIL

I.            GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PEMBELAJARAN
A.    IDENTITAS MATA PELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN                    : SMK N I PADANG
MATA PELAJARAN                           : MATEMATIKA TEKNIK
JUR/PROG KEAHLIAN                     : BANGUNAN/TEKNIK KONSTRUKSI BANGUNAN
KELAS/SEMESTER                            : X / 1
JUMLAH PERTEMUAN                     : 1 KALI
WAKTU                                                : 1x45 Menit

B.     DESKRIPSI MATA PELAJARAN
Matematika adalah induk dari semua hitungan, dimulai dari segala hal yang paling sederhana hingga yang paling rumit. Konsep awal matematika adalah perkalian, pembagian, penambahan, dan pengurangan dan secara matematika clasik disingkat dengan KABATAKU. Dan dalam matematika modern matematika clasik itulah yang dikembangkan hingga saat ini.

C.    KOMPETENSI UTAMA / STANDAR KOMPETENSI
Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep operasi bilangan riil .

D.    KOMPENTENSI PENDUKUNG ( KP ) / KOMPETENSI DASAR
Menerapkan operasi pada bilangan riil.

E.     PENGALAMAN BELAJAR /INDIKATOR YG HARUS DI CAPAI
a)    Dua atau lebih bilangan bulat dioperasikan (dijumlah, dikurang, dikali, dibagi) sesuai dengan prosedur
b)   Dua atau lebih bilangan pecahan, dioperasikan (dijumlah, dikurang, dikali, dibagi) sesuai dengan prosedur
c)    Bilangan pecahan dikonversi ke bentuk persen, atau pecahan desimal, sesuai prosedur
d)   Konsep perbandingan (senilai dan berbalik nilai), skala, dan persen digunakan dalam penyelesaian masalah program keahlian.




F.     POKOK  BAHASAN DAN SUB POKOK BAHASAN
Pokok bahasan             : operasi bilangan
Sub pokok bahasan     : Konsep perbandingan (senilai dan berbalik nilai), skala, dan persen digunakan dalam penyelesaian
  masalah program keahlian

G.    METODE INSTRUKSIONAL / METODE PEMBELAJARAN
Metode yang digunakan adalah metode pencapaian konsep dimana setiap siswa diharapkan mampu dan memahami bagaiman matematika itu sehingga apa yang menjadi ketakutan selama ini terhadap matematika tidak lagi tertanam jauh dalam fikiran siswa yaitu matematika adalah suatu yang menakutkan melainkan suatu yang sangat menyenangkan. Mustahil apabila seorang calon enginer (Siswa SMK) taku dan tidak mengerti sama sekali terhadap matematika.

H.    MEDIA INSTRUKSIONAL
Papan tulis sebagai media pembelajaran, in focus.

I.       ESTIMASI WAKTU
Waktu yang dibutuhkan dalam pembelajarn ini sesuai dengan standar waktu astu jam pelajaran di SMK yaitu 45 menit ( 1*45 ).

J.      ASESMEN / EVALUASI
Evaluasi dilakukan dengan cara melakukan latihan dan pembahasan terhadap soal soal yang diberikan sehingga siswa terbiasa dan mampu dengan mudah menerjemahkan apa sebenarnya yang dimaksud didalam soal yang diberikan itu.

K.    SUMBER BELAJAR
Sumber belajar yang digunakan adalah modul yang dibuat oleh guru, buku matematika yang berhubungan dengan setiap pokok bahasan.




II.           
§ Membedakan macam-macam bilangan riil

PETA KEBUTUHAN MODUL / DRAFT
OPERASI BILANGAN RIIL
§ Menghitung perbandingan (senilai, dan berbalik nilai), skala dan persen

Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan operasi bilangan riil
Konversi pecahan ke bentuk desimal
Operasi bilangan bulat
Konsep perbandingan, skala dan persen
Operasi bilangan pecahan
§ Menjelaskan perbandingan (senilai, dan berbalik nilai), skala dan persen

§ Melakukan konversi pecahan ke bentuk persen, pecahan desimal, atau persen dan sebaliknya

§ Menghitung operasi dua atau lebih bilangan pecahan sesuai dengan prosedur

§ Menghitung operasi dua atau lebih bilangan bulat sesuai dengan prosedur


III.            UJI COBA / EVALUASI
Contoh – Contoh Soal :
1.      Suatu kontrak kerja pembangunan gedung dinyatakan bahwa gedung tersebut harus sudah selesai dalam 180 hari kalender. Tapi dalam pelaksanaannya ternyata baru berjalan 60 hari. Berapa persenkah pelaksanaan pembangunan proyek tersebut telah berjalan ?
2.      Pada pemeriksaan kadar air suatu tanah di laboratorium diketahui :
a.        Berat cawan + tanah basah     = W1 = 58,95 gram
b.       Berat cawan + tanah kering    = W2 = 53,18 gram
c.        Berat cawan kosong               = W3 = 13,2 gram
Ditanya :
-           Berapakah berat air ?
-           Berapakah berat tanah kering ?
-           Berapakah kadar air dari tanah tersebut ?
3.      Suatu perusahaan mempunyai karyawan sebanyak 1000 orang. Karena krisis ekonomi, perusahaan tersebut harus mengurangi jumlah karyawannya. Pada bulan pertama perusahaan tersebut terpaksa memberhentikan karyawannya sebanyak 200 orang. Kemudian pada bulan kedua perusahaan tersebut memberhentikan kembali karyawannya sebanyak 25% dari jumlah karyawan semula.
Pertanyaan :
a.        Berapa persen jumlah karyawan yang diberhentikan pada bulan pertama ?
b.       Berapa jumlah karyawan perusahaan tersebut sekarang ?



IV.            LEMBAR PENILAIAN
Table Penilaian
No
Aspek penilaian
Skor
Bobot
Perolehan skor
1
§ Siswa mampu membedakan macam-macam bilangan riil
§ Siswa mampu menghitung operasi dua atau lebih bilangan bulat sesuai dengan prosedur
§ Siswa mampu menghitung operasi dua atau lebih bilangan pecahan sesuai dengan prosedur
§ Siswa mampu mengkonversi pecahan ke bentuk persen, pecahan desimal, atau persen dan sebaliknya
§ Siswa menghitung perbandingan (senilai, dan berbalik nilai), skala dan persen
§ Siswa mampu menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan operasi bilangan riil
1
2

2

1

2

2

10
10

10

10

10

10


10
20

20

10

20

20

Perolehan tertinggi ( skor maksimal )
100

Tidak ada komentar:

Posting Komentar